The Opening Ceremony Asian Games 2010

Posted by nabiyutiful | Posted in | Posted on 16.01

Warga Asia, Jumat (12/11) di Guangzhou, China, memulai pesta besar yang hanya berlangsung empat tahun sekali. Pesta itu berwujud perhelatan olahraga multicabang bernama Asian Games 2010.

Berlangsung hingga 27 November nanti, Asian Games ke-16 mempertemukan 10.000 lebih atlet dari 45 negara. Mereka tidak sekadar bertemu, tetapi juga akan saling mengenal dan saling memahami satu sama lain lewat kompetisi olahraga.

Asian Games 2010 dibuka lewat upacara meriah di Sungai Mutiara (Pearl River), Guangzhou. Guangzhou sendiri memenangkan proses pemilihan setelah menyisihkan Amman (Yordania), Kuala Lumpur (Malaysia), dan Seoul (Korea Selatan).
Seoul mengundurkan diri setelah mempertimbangkan bahwa mereka baru saja menjadi tuan rumah Asian Games 2002 di Busan. Kuala Lumpur juga mengundurkan diri.

Upacara pembukaan Asian Games 2010 menjadi sangat unik karena tidak diadakan di dalam stadion seperti kebanyakan pembukaan ajang olahraga multicabang yang lain.

Sebelum puncak upacara pembukaan pada pukul 20.00 waktu setempat, digelar parade kapal melintasi Sungai Mutiara sejauh 9,3 kilometer dari Baiertan di sisi barat menuju lapangan di Pulau Haixinsha, sebuah pulau kecil di sungai itu.

Ada 45 kapal yang mewakili jumlah negara peserta. Sambil membawa kontingen, setiap kapal dihias cahaya warna-warni dengan ornamen menyerupai keunikan negara tersebut. Kapal Vietnam, misalnya, dihiasi dengan ornamen pagoda.

Ribuan warga memenuhi pinggir tepi Sungai Mutiara. Sambil membawa bendera kecil negara China, mereka memberi semangat saat ada kapal yang melintas. Suasana terasa semakin menggembirakan karena gedung-gedung bertingkat di sekeliling Sungai Mutiara dihiasi cahaya lampu warna-warni. Ikon penting dalam parade itu adalah Menara Kanton yang menjulang tinggi dan bermandikan cahaya lampu.

****Saya mohon maaf.. karena keterbatasan signal modem yang saya gunakan, saya tidak bisa mengupload foto2 suasana yang terjadi.. Tapi insya Allah saya akan terus meng-update apa yang terjadi di Guangzhou... ^_^


SUKSESKAN PESTA OLAHRAGA ASIA!!!!!!!!!!!!!!!! SEMANGAT INDONESIA...!!!!!!!!!!!!!!!!!



suber : kompas.com & wikipedia indonesia.

Comments (0)

Posting Komentar