VARIASI BAHASA LISAN DAN TULISAN

Posted by nabiyutiful | Posted in | Posted on 05.46

Tulisan dan Lisan memang dua hal yang berbeda.. Tulisan (menurut saya pribadi) adalah kumpulan kata-kata yang disusun menjadi sebuah kalimat yang dituangkan disebuah media dengan berbagai tujuan.
Sedang lisan adalah (juga masih menurut saya pribadi) tutur kata yang diucapkan secara verbal.

Sebagai warga negara Indonesia, kita diharapkan dapat menggunakan Bahasa Indonesia secara baik dan benar. Namun, banyak faktor yang membuat masyarakat melafalkan bahasa menjadi tidak baku, contohnya karena lingkungan sosial, budaya dsb.. mungkin, karena faktor-faktor tersebut terciptalah sebuah ragam bahasa, yaitu variasi bahasa menurut si pemakai yang disebut dengan dialek(ragam lisan) dan variasi bahasa menurut pemakaian (ragam tulisan).. berikut penjelasannya...

  • ragam bahasa tulisan dalam pengungkapannya cenderung lebih dipikirkan masak-masak ketimbang ragam bahasa lisan. Juga, ragam bahasa tulisan lebih formal dalam penuturannya daripada ragam bahasa lisan.
contoh :
* ibu mau ke Pasar minggu
* ibu ingin pergi ke Pasar Minggu

jadi.. Ragam bahasa:

1. Ragam bahasa lisan: lafal, ejaan

2. Ragam bahasa tulis: lafal, tata bahasa, kosa kata, ejaan dan penulisan


Sekilas terlihat bahwa ragam bahasa tulisan lebih baik daripada ragam bahasa lisan. Memang demikian, namun bukan berarti ragam bahasa tulisan tidak memiliki kelemahan sama sekali. Ragam ini cenderung dapat disalahtafsirkan bagi pembaca, dalam kasus tertentu, sehingga menimbulkan ketersinggungan atau kesalahpahaman. Hal ini biasanya terjadi bila ragam ini digunakan secara informal, dalam artian, pemilihan kata yang digunakan cenderung menyamai ragam bahasa lisan.


by : saya pribadi.. yang juga baru belajar menulis.. :D

Comments (0)

Posting Komentar